Sunday, November 15, 2009

MENGAPA SULITNYA MENERIMA MAAF ?

Jam di dinding menunjukkan pukul 12:08 tengahmalam...suasana sunyi malam terganggu dek hujan yg turun lebat lewat kebelakangan ini...sejuknya sehingga ke tulang hitam..mataku masih segar meliar..tanpa ada sedikit riak tanda2 mengantuk..isteriku dan anak2ku telah lena diulit mimpi malam...arghhh..mengapa mataku masih segar nie..ke persalahkan Nescafe yang hanya berbaki beberapa titis saja lagi...

Malam yang pekat ini diriku diganggu pelbagai masalah yg kudepani...semua masalah dpt kutepis dan berjaya diselesaikan dgn baik..alhamdullilah...cuma masalah berkaitan hubungan persaudaraan yg agak rumit menganggu fikiranku...

Sebagai manusia aku tak luput dari salah, namun aku harus bisa belajar dari kesalahan… terkadang akupun tak sadar apa yang telah aku lakukan telah membuat suatu kesalahan, entah itu kesalahan kecil ataupun besar….

Anggaplah ini suatu cerita dikehidupan sehari-hari aku… aku tentunya senang bila aku disayangi oleh orang yang sayangi, aku pastinya bahagia bila diperhatikan oleh orang yang aku sayangi, aku pastinya sedih apabila aku disakiti oleh orang yang aku sayangi… namun inilah lika-liku hidup sebenarnya, ada kelahiran dan ada kematian, ada yang bahagia dan ada juga yang tidak…tinggal bagaimana kita menyikapi kehidupan ini…. setiap orang berbeda-beda pendapat, berbeda-beda sifat, berbeda – beda pemikirannya…,

Apa yang harus kita lakukan jika kita melakukan kesalahan … ?

Ya tentunya aku harus menyadarinya dulu, kesalahan aku apa… ? dan yang pasti aku meminta maaf… diterima atau tidak diterima maafku, sebisa mungkin aku berusaha untuk mendapatkan kata maaf, namun tidak semua orang bisa mengucapkan kata maaf, dan tidak semua orang mau mengakui kesalahannya dengan jujur, hanya orang yang berbesar hatilah yang mau mengakui kesalahan dan mau memaafkan orang.

Apakah aku pernah mengalami kesalahan dan tidak mendapatkan kata maaf, sehingga aku merasa bahwa persoalan aku ini tidak pernah berakhir karena sulitnya menemukan jalan keluarnya… apalagi kalau kata maaf itu belum aku dengar langsung dari orang aku tuju, sehingga aku harus berbesar hati untuk ini semua, bahwa suatu saat nanti kata maaf itu akan kita terima…


Walaupun aku harus menunggu kata maaf itu, 1 hari, 1minggu,1tahun,1abad sekalipun.



—-*****—-

4 comments:

Faxx said...

waaaa.... abang apai boleh buat novel... hebat....

Unknown said...

hahaaa..percubaan pertama....

Faxx said...

berjaya menggarap bahasa2 puitis....

sue said...

sabarlah sayang...indahnya kemaafan itu sekiranya insan yang terasa dirinya terluka itu dapat menyelami nilai kasih sayang yang sebenar. yang sukarnya sekarang ada insan tidak tahu menilai erti kasih syang yg membuatkan ia bongkak dan angkuh.